APA ITU DEPOSITO..?

DEPOSITO

Deposito adalah uang yang disimpan dalam rekening. Deposito biasanya memiliki jangka waktu tertentu yang mana uang di dalamnya tidak boleh ditarik nasabah. Deposito baru bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya, biasanya deposito mempunyai jatuh tempo 1, 3, 6, atau 12 bulan. Bila deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan kena penalti sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan. Penalti adalah cara yang dilakukan pihak Bank untuk menghindari risiko jika para nasabahnya tidak sabaran untuk segera mencarikan dana yang diinvestasikan dalam bentuk deposito. Deposito juga dapat diperpanjang secara otomatis menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over). Deposito akan diperpanjang otomatis setelah jatuh tempo, sampai pemiliknya mencairkan depositonya. Salah satu alasan.

Jenis Deposito

Deposito ada 3 macam jenis, yaitu Deposito Berjangka, Sertifikat Deposito dan Deposito On-Call. Berikut penjelasannya

  1. Deposito Berjangka, yaitu deposito yang umum dikenal masyarakat, Deposito berjangka adalah jenis tabungan berjangka yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu. Deposito berjangka diterbitkan bisa dengan atas nama perorangan maupun lembaga. Uang yang disimpan hanya bisa diambil ketika jatuh tempo oleh pihak yang tertera pada bilyetnya.
  2. Sertifikat Deposito, diterbitkan atas unjuk dalam bentuk sertifikat. Sertifikat tersebut tidak mengacu pada nama seseorang atau lembaga tertentu, sehingga dapat dipindahtangankan dan sangat mungkin untuk diperjualbelikan.
  3. Deposito On Call, yaitu tabungan berjangka dengan waktu penyimpanan yang relatif singkat, minimal 7 hari dan paling lama hanya kurang dari 1 bulan. Deposito ini dikhususkan dalam jumlah yang besar. tabungan berjangka dengan waktu penyimpanan yang relatif singkat, minimal 7 hari dan paling lama hanya kurang dari 1 bulan. Deposito ini dikhususkan dalam jumlah yang besar.

Deposito memiliki beberapa keuntungan atau manfaat, diantaranya adalah:

  1. Memiliki Jangka waktu yang lebih fleksibel
  2. Tabungan relatif aman karena dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)
  3. Memiliki risiko rendah dan bunga yang menarik
  4. Cara investasi yang paling mudah
  5. Dapat dijadikan sebagai jaminan kredit
  6. Dapat diperpanjang secara otomatis

Deposito memiliki risiko risiko yang mungkin terjadi, antara lain:

  1. Bunga relatif lebih kecil dibandingkan investasi sektor rill
  2. Uang tertahan di bank sampai jatuh tempo
  3. Pajak bunga deposito cukup besar
  4. Biaya administrasi

Selebihnya tentang Deposito

Sumber : WIKIPEDIA

Kunjungi juga Website

 

 

 

Postingan populer dari blog ini

Crowdana

Amartha

Ammana