Investasi Syariah

Investasi Syariah


Perencanaan Keuangan yang baik adalah salah satu cara mencapai kemapanan hidup. Standard Chartered Bank sebagai salah satu penyedia jasa keuangan terkemuka kini menghadirkan kembali alternatif investasi syariah untuk Anda.

Instrumen investasi syariah tunduk kepada ketentuan-ketentuan syariah. Dalam upaya pengembangan nilai aset, instrumen investasi syariah senantiasa patuh pada prinsip-prinsip seperti berikut:

  • Tidak melibatkan unsur yang dilarang menurut ajaran Islam (Haram),Tidak melibatkan unsur perhitungan bunga (Riba),
  • Tidak melibatkan unsur bersifat judi (Maisyir),
  • Tidak melibatkan unsur bersifat tidak jelas/spekulatif/penipuan (Gharah),
  • Tidak melibatkan transaksi yang mengandung ketidaktahuan salah satu pihak yang terlibat (Tadlis),
  • Tidak melibatkan kegiatan peningkatan keuntungan yang didasari manipulasi jumlah suplai untuk mendorong harga jual lebih tinggi (Ikhtikar),
  • Tidak melibatkan kegiatan peningkatan keuntungan yang didasari manipulasi jumlah permintaan untuk mendorong harga jual lebih tinggi (Najasy),
  • Tidak melibatkan transaksi gratifikatif (Risywah)
  • Tidak melibatkan kegiatan yang bersifat menganiaya hak orang lain (Zhulm)
  • Tidak melibatkan kegiatan yang bersifat merugikan orang lain (Mudharat)

Dalam konteks pengelolaan produk investasi syariah, dengan berdasarkan prinsip-prinsip tersebut; para penerbit instrumen investasi syariah telah mampu mengurangi paparan fluktuasi pasar dan menjaga stabilitas tingkat pengembalian yang dihasilkan melalui seleksi portofolio investasi yang selektif. Hal ini pada akhirnya menghadirkan kenyamanan tersendiri dalam berinvestasi.

Mengapa memilih investasi syariah? Investasi pada reksa dana syariah memberikan Anda manfaat antara lain:

  • Manajemen portofilo investasi berdasarkan prinsip syariah;
  • Portofolio investasi yang selektif;
  • Manajemen risiko terhadap keseluruhan portofolio investasi Anda(diversifikasi);
  • Dikelola oleh Manajer Investasi professional dengan reputasi teruji dan pengalaman di bidang produk reksa dana dan pasar modal

Pilihan Solusi Investasi Syariah

Standard Chartered Bank senantiasa berusaha menjadi yang terdepan dalam menghadirkan pilihan produk dan solusi finansial yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan investasi Anda. Berikut ini pilihan produk investasi syariah yang kami tawarkan.

Reksa Dana Syariah

  • Diterbitkan dan dikelola oleh manajer investasi rekanan Standard Chartered Bank dengan reputasi teruji dan pengalaman di bidang produk reksa dana dan pasar modal
  • Dijalankan dengan mematuhi prinsip-prinsip investasi syariah
  • Melaksanakan fungsi cleansing secara rutin yang akan menjamin bukan hanya derajat ke-syariah-an investasi Anda, tetapi juga menjaga diversifikasi investasi Anda di sektor-sektor syariah
  • Ditawarkan dalam mata uang Rupiah dan mata uang Asing lainnya
  • Berinvestasi di pasar domestik maupun global.
  • Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)


Obligasi Syariah (SUKUK)

  • Diterbitkan dan dijamin oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu),
  • Dijalankan dengan mematuhi prinsip-prinsip investasi syariah, antara lain:
  • Didasari proyek atau aset yang nyata
  • Memiliki tujuan peningkatan kesejahteraan sosial bagi masyarakat
  • Memberikan imbal hasil rutin dalam bentuk kupon,
  • Ditawarkan dalam mata uang Rupiah dan mata uang Asing lainnya
  • Perlindungan nilai pokok investasi pada akhir masa jatuh tempo (khusus SUKUK TABUNGAN),
  • Dijamin oleh Pemerintah melalui Kementrian Keuangan Republik Indonesia( Kemenkeu) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Berpartisipasi dalam kegiatan investasi berkelanjutan yang membantu kegiatan pelestarian lingkungan hidup di kawasan Indonesia.


Kiat Investasi Syariah

Agar investasi Anda maksimal, kami berikan beberapa kiat berikut ini.

1.     Tentukan terlebih dahulu hal- hal berikut:
a. Tujuan Investasi,
b. Jangka Waktu Berinvestasi,

2.     Selera Risiko (risk appetite) Anda

3.     Optimalkan potensi imbal hasil dengan diversifikasi yang memadai

4.     Bangun portofolio investasi Anda secara maksimal dengan bantuan Relationship Manager dan Investment Specialists yang ada di cabang-cabang Standard Chartered.

5.     Perbaharui pengetahuan berinvestasi Anda dengan berbagai layanan yang kami berikan.

Sumber

Apakah kamu sedang mencari produk reksadana Syariah terbaik? Kalau iya, kamu harus mengerti dulu seperti apa sih reksadana Syariah yang baik itu. Setelah tau itu, barulah kamu bisa memilih reksadana Syariah dengan benar. Semuanya akan dibahas di bawah sini. Yuk simak lebih lengkap.

Reksadana Syariah pada prinsipnya sama dengan reksadana umumnya, dimana uang investor dikumpulkan ke dalam suatu wadah, yang nantinya akan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi (MI). Perbedaannya, hanya terletak pada cara mengelola reksadana tersebut.

Pada reksa dana non Syariah, MI dapat memilih instrumen investasi apapun asal masih dibawah ketentuan yang diatur oleh OJK. Sedangkan, pada reksadana Syariah, selain harus patuh pada OJK, MI juga harus mengikuti ketentuan dari fatwa MUI yang menjadi dasar dalam pengelolaan reksadana Syariah. Akibat ini, pilihan investasi pada reksadana Syariah menjadi lebih terbatas daripada reksadana umumnya.

Sama seperti pada umumnya, investor pun kadang bingung reksadana Syariah mana yang terbaik untuk dibeli. Pada dasarnya untuk mendapatkan reksadana Syariah yang baik, kita harus melihat dari 2 hal yaitu Manajer Investasi-nya dan histori kinerja produk reksadananya. Bila tidak memperhatikan itu, kita tidak bisa mendapatkan reksadana Syariah yang optimal hasilnya.

Dari ratusan reksadana Syariah yang ada di pasar tentu investor mengalami kesulitan dalam memilih produk terbaik. Tetapi sekarang kita bisa langsung memilih produk Syariah yang sudah terseleksi secara ketat. Caranya?

Kamu bisa langsung pilih lewat aplikasi Bibit. Aplikasi ini tidak hanya memudahkan investor pemula untuk memilih reksadana Syariah yang baik, tapi juga merekomendasikan jenis reksadana Syariah yang sesuai dengan profil risiko investor. Ketika kita menggunakan aplikasi Bibit, tidak semua reksadana tersedia disana, hanya reksadana yang benar – benar memiliki kinerja yang baik yang bisa kamu pilih. Jadi, dapat dikatakan bahwa reksadana Syariah di Bibit sudah merupakan pilihan yang terbaik di Indonesia.

Apa saja sih produk reksadana Syariah terbaik yang bisa kamu pilih lewat Bibit? Berikut adalah daftar beberapa produk reksadana syariah terbaik di aplikasi Bibit.nya

Reksadana Syariah Saham

1.       Manulife Syariah Sektoral Amanah Kelas A

2.       Mandiri Investas Atraktif-Syariah

3.       TRIM Syariah Saham

Reksadana Syariah Obligasi

4.       Bahana MES Syariah Fund

5.       Majoris Sukuk Negara Indonesia

6.       Eastspring Syariah Fixed Income Amanah Kelas A

Reksadana Syariah Pasar Uang

7.       Sucorinvest Sharia Money Market Fund

8.       Schroders Dana Likuid Shariah

9.       BNI-AM Dana Lancar Syariah

Daftar di atas barulah beberapa produk nya saja, untuk selengkapnya kamu bisa melihat langsung lewat aplikasi Bibit. Download bibit disini.

Kamu perlu tahu juga bahwa pada reksadana Syariah, ada beberapa batasan investasi yang bertujuan untuk menjaga agar investasi tetap halal dan tidak riba. Beberapa batasan tersebut antara lain seperti:

1. Maksimal rasio utang terhadap aset perusahaan adalah sebesar 45%

2. Perusahaan memiliki pendapatan non-syariah sebesar maksimal 10% dari total pendapatan

3. Perusahaan tidak melakukan kegiatan usaha non-halal (perjudian, riba, penjualan barang haram, suap, dll)

Nah, Batasan – Batasan tersebutlah yang harus dipatuhi oleh manajer investasi saat mengelola reksadana Syariah. Namun, bagaimana kalau ada Batasan yang dilanggar?

Reksadana Syariah juga memiliki mekanisme yang namanya proses cleansing. Simple-nya, proses ini mengharuskan pendapatan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah untuk diamalkan. Contohnya, apabila ada perusahaan yang mengeluarkan Surat Utang melebihi 45% dari total aset, maka Manajer Investasi akan melepas perusahaan tersebut dari portofolio Reksa Dana Syariah dan mengamalkan hasil investasinya.

Sudah siap beli produk reksadana Syariah terbaik? Yuk, segera lihat melalui aplikasi Bibit sekarang.

Silahkan untuk yang sudah siap untuk Investasi Syariah DAFTAR DISINI disini dan dapatkan bonus hadiahnya

By blog Bibit

Kunjungi juga Website

Postingan populer dari blog ini

Crowdana

Amartha

Ammana